Cara Mencegah Kanker Serviks | Penembak Jitu Network

Cara Mencegah Kanker Serviks


Advertisement

Tips Mencegah Kanker ServiksCara Mencegah Kanker Serviks – Kanker adalah salah satu penyakit yang membahayakan untuk manusia. Ada banyak jenis dari kanker ini, namun kali ini kami akan membahas mengenai cara mencegah kanker serviks.

Pada dasarnya kanker serviks ini merupakan kanker yang menyerang pada area serviks atau leher rahim. Kanker ini disebabkan oleh virus bernama Human Papilloma Virus – atau yang lebih dikenal virus HPV ini.

Gejala serius akan ditunjukkan oleh kanker ini setelah 10-20 tahun kedepan pada wanita yang menikah atau aktif secara seksual. Dimana pada fase prakanker dan stadium awal, memang tidak menujukkan gejala apapun. Sehingga sedini mungkin Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri kanker serviks. Namun ada banyak cara mencegah kanker serviks, diantaranya:

  • Bila mungkin, hindari faktor resiko yaitu bergonta-ganti pasangan seksual lebih dari satu dan jangan berhubungan suami istri dibawah usia 20. Hal ini disebabkan karena secara fisik seluruh organ intim dan yang terkait pada wanita baru matang pada usia 21 tahun.
  • Untuk Anda wanita yang sudah dewasa, atau sudah pernah berhubungan suami istri, dianjurkan untuk melakukan tes HPV, Pap Smear, atau tes IVA. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan Human Papilloma Virus (HPV), yang merupakan biang keladi dari tercetusnya penyakit kanker serviks.
  • Bagi wanita yang belum pernah berhubungan suami istri, atau anak-anak perempuan dan laki-laki yang ingin terbentengi dari serangan virus HPV, bisa menjalani vaksinasi HPV. Vaksin HPV dapat mencegah infeksi HPV tipe 16 dan 18. Dan dapat diberikan mulaidari usia 9-26 tahun, dalam bentuk suntikan sebanyak 3 kali (0-2-6 bulan). Dan biayanya pun terbilang murah.
  • Menjaga pola makan seimbang dan bergizi, serta menjalani gaya hidup sehat (berolahraga).

Demikian beberapa cara mencegah kanker serviks, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

     

No Comment to “Cara Mencegah Kanker Serviks”

  1. Comments are closed.

Categories