Tips Memilih Ubin Untuk Lantai Keramik di Rumah  | Penembak Jitu Network

Tips Memilih Ubin Untuk Lantai Keramik di Rumah


Advertisement

Cara Memilih Ubin Untuk Lantai KeramikTips Memilih Ubin Untuk Lantai Keramik di Rumah – Jika Anda saat ini sedang merencanakan membangun rumah, tentunya Anda juga harus memikirkan ubin apa yang cocok untuk lantai keramik dirumah Anda nantinya. Ada banyak tips memilih ubin untuk lantai keramik di rumah yang dapat Anda gunakan. Berikut beberapa tips memilih ubin untuk lantai keramik di rumah, diantaranya adalah:

KARAKTER.

Dalam memilih keramik sebaiknya disesuaikan dengan ruangan. Ada tiga faktor utama yang akan membentuk karakter sebuah ubin keramik, yaitu warna, motif, dan ukuran. Warna terang, motif polos, dan ukuran besar akan menghasilkan suatu tampilan yang luas. Untuk warna gelap, motif polos, dan bercorak akan menghasilkan suatu tampilan yang eksklusif. Keramik dengan permukaan yang kasar dan tidak licin membuatnya lebih kuat terhadap gesekan sehingga sangat sesuai diletakkan di ruang luar atau di tempat umum.

SESUAIKAN DENGAN LETAK KERAMIK.

Hal ini menjadi pertanyaan penting yang harus diperhatikan “Di mana keramik akan dipasang?”. Peletakan keramik menjadi syarat utama dalam penentuan jenis keramik yang akan dipilih.

KUALITAS. 

Kualitas produk sangat tergantung pada kemurnian bahan yang sangat terkait dengan standar mutu bahan, kepadatan, dan hasil pembakaran. Selain ketiga faktor tersebut, hal lain yang perlu diperhatikan adalah permukaan yang tahan terhadap goresan dan keretakan, balk dasar ubin maupun permukaan atasnya. Sebagai contoh, ubin polos dan doof yang dipasang pada kamar mandi akan tetap utuh meskipun selalu terkena sikat pada saat kamar mandi dibersihkan. Selain itu, pemberian glasir pada permukaannya sangat mempengaruhi tampilan, khususnya tampilan fisik, serta memperkuat ketahanan terhadap muatan di atasnya maupun terhadap air, kecuali muatan di atasnya tersebut sangat berat atau melebihi dari bebannya.

TAMPILAN FISIK

Tampilan fisik merupakan awal dari suatu pandangan sehingga dapat dipastikan corak dan warna yang akan dipakai. Dari tampilan fisik ada tiga penggolongan ubin keramik, yaitu ubin keramik dekoratif, ubin keramik embossed, dan ubin keramik polos.

  • Ubin keramik dekoratif paling digemari saat ini. Ubin keramik dekoratif ini muncul di pasaran dengan beragam motif seperti marmer, kayu, granit, dan batu alam.
  • Ubin keramik embossed memiliki permukaan tidak rata yang umumnya dipasang di luar atau di kamar mandi.
  • Sementara ubin keramik polos atau tanpa corak memiliki permukaan yang mengilap ataupun tanpa kilap (doof).

Ukuran keramik sering dijumpai di pasaran adalah ketebalan 5-10 mm dan ukuran sisi-sisi 60 cm x 60 cm, 45 cm x 45 cm, 30 cm x 30 cm, dan 20 cm x 20 cm (untuk lantai). Sementara untuk ukuran dinding pada umumnya menggunakan 30 cm x 30 cm, 30 cm x 20 cm, LL 20 cm x 20 cm, dan 20 cm x 10 cm.

HARGA

Dalam memilih keramik sebaiknya Anda jeli. Kenapa demikian? hal ini tidak lain dikarenakan ada banyak variasi produk dan harga sangat beragam di pasaran. Selain itu warna, ukuran, motif, dan tekstur juga mempengaruhi harga. Keempat faktor inilah yang dapat dijadikan acuan konsumen dalam memilih keramik. Harga yang lebih mahal merujuk pada warna lebih gelap, ukuran lebih besar, serta tektur dan motif lebih bervariasi.

Ada juga istilah KW1, KW2, dan KW3 pada keramik. Dimana KW1 adalah kualitas terbaik pada keramik, sedangkan KW2 dan KW3 adalah keramik yang terdapat cacat produksi seperti sebagian permukaan tidak rata, warna tidak rata, atau cacat-cacat lainnya. Perbedaan ini berpengaruh pada harga.

Demikian tips memilih ubin untuk lantai keramik di rumah, semoga dapat dijadikan referensi untuk Anda. Anda juga dapat membaca cara merawat mesin dan body motor yang baik dan benar dan Cara Merawat Mesin dan Body Mobil Yang Baik dan Benar

 

     

No Comment to “Tips Memilih Ubin Untuk Lantai Keramik di Rumah”

  1. Comments are closed.

Categories